Tiga Guru SDN Kalper Ikut Seleksi CAKEP 2020

Tiga guru SDN Kalijaga Permai Bapak Agus Wartono, S.Pd, Ibu Anite Gunarti, S.Pd., dan Ibu Dewi Pujiati, S.Pd., dari SDN Kalper melakukan Rapid Tes bersama 86 Guru SD SMP se Kota Cirebon sebelum mengikuti Tes Subtansi Calon Kepala Sekolah Tahun 2020.

Bagiku, Dirimu adalah Pahlawanku.Kalimat pernyataan tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Irawan Wahyono, S.Pd. M.Pd dalam kegiatan pembukaan sosialisasi dan pembekalan tes subtansi calon kepala sekolah, Kamis 17 September 2020 di Aula Dinas Pendidikan Kota Cirebon.
Pernyataan tersebut disampaikan kepala dinas berdasarkan alotnya proses menuju pelaksanaan seleksi calon kepala sekolah (cakep) yang sudah dibuka sejak dua tahun lalu (sejak 2018). Setelah dua tahun masa pembukaan seleksi tersebut akhirya didapatkan peserta seleksi calon kepala sekolah sebanyak 86 peserta. 65 guru peserta dari jenjang SD dan 21 guru peserta dari jenjang SMP. Sehingga total jumlah guru peserta seleksi calon kepala sekolah tersebt berjumlah 86 peserta. Oleh sebab itu tak berlebihan, Kadisdik Kota Cirebon menyampaiakan para peserta seleksi kepsek tersebut adalah para pahlawan bagi beliau karena telah bersedia berani maju dan siap mengikuti proses seleksi yang ketat terhadap proses penyediaan para manajer sekolah.


Dra. Sri Wahyuni, M.Si selaku Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) sekaligus ketua panitia seleksi calon kepala sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Cirebon dalam laporannya menyampaikan bahwa jumlah manajer sekolah di Kota Cirebon mengalami krisis kepemimpinan sekolah. Ada 48 posisi kepala sekolah SD Negeri yang kosong. 11 kursi kepala sekolah kosong di tahun 2021 dan 2 kursi manajer SMPN akan kosong pada tahun 2021 karena memasuki pensiun.


Delapan puluh enam peserta yang telah memenuhi syarat administrasi tersebut mengikuti proses tes subtansi mulai 21 s.d 22 September 2020 yang merupakan kerjasama Dinas Pendidikan kota Cirebon dengan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (LPPKSPS) . Aturan protokol kesehatan yang ketat pun diberlakukan baik sebelum, selama pelaksanaan dan selesai kegiatan oleh Hotel Zamrud Kota Cirebon sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan tes tersebut.
Setelah dinyatakan lulus dari tes subtansi tersebut, para cakep tersebut akan mengikuti proses diklat yang diselenggarakan penuh oleh LPPKSPS. Di akhir penutupan kegiatan seleksi kepala dinas pendidikan Kota Cirebon mengharapkan agar para cakep yang lulus pada periode seleksi tahun 2020 ini, bisa membawa pendidikan di Kota Cirebon lebih maju . Semoga ketiga calon dari SDN Kalper tersebut bisa lanjut ke tahap diklat setelah dinyatakan lulus pada tes substansi tersebut.

Dari kegiatan tes subtansi yang diiikuti , berikut ini 67 (14 SMP, 53 SD) peserta Cakep dari 86 peserta keseluruhan di awal tes yang dinyatakan memenuhi kelayakan untuk mengikuti tahap seleksi berikutnya berupa diklat calon kepala sekolah SD & SMP sebanyak 300 jp ( In On In Service). Dan Alhamdulillah 3 peserta dari SDN Kaijaga Permai melaju ke tahap selanjutnya.

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *