Sintren di Gelar Karya Diklat CKS 2020

Diklat semasa pandemi covid-19

Excited dan senyum-senyum sendiri kalau harus mengingat kembali proses perjalanan diklat CKS 2020 lalu. Indah untuk dikenang. Dari sekian rangkaian empat tahapan jadwal kegiatan diklat dari awal sampai akhir (On The Job Training/OJT 1

In Sevice Training/IST 1

On The Job Training/OJT 2

In Service Training/IST 2).

Saya yang paling favorit dengan kegiatan di IST 2. Selain karena alasan IST 2 adalah kegiatan terakhir. Di IST 2 saya merasakan muara tempaan diklat.

Kegiatan IST 2 seperti tertera di jadwal diklat berlangsung pada 18 s.d. 23 Desember 2020. Segala tempaan materi dari pertama dipertanggungjawabkan dalam kegiatan presentasi hasil studi dan implementasi Rencana Proyek Kepmimpinan (RPK) dan Peningkatan Keprofesian (PK) di sekolah magang 1 dan 2 di depan fasilitator LPPKSPS dan teman CKS satu kelas yang berjumlah 16 orang.

Selesai acara presentasi masing-masing CKS tanpa terkecuali, kegiatan pun dilanjutkan dengan gelar karya esoknya. Apakah itu gelar karya? Gelar karya pada diklat CKS tersebut adalah aktivitas peserta menampilkan proses dan hasil pelaksanaan kegiatan berupa hasil inovasi yang dilakukan selama melaksanakan rencana projek kepemimpinan.

Bersyukur menjadi bagian dari 17 peserta CKS kelas B (tersisa 16 CKS, karena 1 CKS mendapat promosi struktral) . Dengan 16 teman sesama CKS saya memupuk silahturahmi untuk tumbuh berkembang bersama dalam mendalami tugas-tugas manajerial di tingkat sekolah dasar.

Pada kegiatan gelar karya, selain menyiapakan tampilan karya masing-masing pribadi CKS, kami pun berusaha mengelola kerjasama agar kegiatan gelar karya dengan suasana hangat. Sintren, baca puisi pun turut menyemarakkan prosesi gelar karya di kelas kami. Banner kelas pun kami buat untuk mendokumentasikan jejak kebersamaan kelas B.

Usai gelar karya, agenda akhir diklat adalah penutupan. Rezeki peraih nilai tertinggi dari kelas B menjadi kado bagi saya. Begitu banyak nikmat dan kasih sayangNya kepada diri ini. Semoga jebolan diklat CKS SD SMP Kota Cirebon tahun 2020 dapat menngimplementasikan semua pengalaman yang didapatkan selam proses diklat dalam praktek nyata yang tururt menyumbangkan kebaikkan pada bidang pendidikan di Kota Cirebon.

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *