Sarapan Bergizi dalam Pembelajaran

Sarapan merupakan kegiatan makan di pagi hari sebelum melakukan aktivitas misalnya berangkat sekolah, belajar, olahraga, ataupun bekerja. Penting bagi kita untuk melakukan sarapan karena makanan merupakan sumber energi bagi manusia. Kita memerlukan energi saat melakukan kegiatan. Sarapan juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, meningkatkan memori dan konsentrasi. Jika siswa perutnya kosong karena tidak sarapan pasti akan mempengaruhi tingkat konsentrasi dan lesu saat pembelajaran. Menu yang kita santap selain bergizi sebaiknya juga bervariasi agar tidak membosankan.

Kegiatan sarapan sangat menginspirasi saya sebagai guru kelas. Pembelajaran memerlukan kegiatan pendamping agar materi yang dipelajari semakin dipahami oleh siswa. Selain memberikan tugas sebagai kegiatan pendamping pembelajaran, kita bisa memberikan kegiatan yang baik di pagi hari sebelum siswa masuk ke kelas sebagai sarapan di sekolah. Kegiatan tersebut berupa tugas pagi. Tugas pagi meskipun hanya sebagai pendamping sebaiknya tidak diabaikan seperti halnya sarapan dalam arti yang sebenarnya.

Mengapa tugas pagi disebut sarapan dan perlu kita lakukan? Sarapan berupa tugas pagi mirip dengan kegiatan sarapan (makan pagi) karena sama-sama dilakukan sebelum melakukan aktifitas di pagi hari. Bedanya terletak pada menu yang disantap. Makan pagi yang disantap berupa makanan sedangkan tugas pagi antara lain berupa kegiatan membaca dan menulis. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari rutinitas kegiatan pagi tersebut. Selain meningkatkan literasi siswa juga menambah pengetahuan atau wawasannya.

Bentuk tugas pagi yang bisa dilakukan antara lain siswa melakukan kegiatan membaca buku di dalam kelas atau berlatih menulis. Bentuk kegiatan tugas pagi dibuat bervariasi supaya siswa selalu semangat untuk melaksanakan tugasnya. Senang membaca merupakan modal awal untuk bisa membuka dunia menambah wawasan. Tugas pagi merupakan bentuk sarapan yang bergizi bagi siswa, dengan harapan bisa memberikan energi positif dalam mendukung keberhasilan pembelajaran.

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *