DATA RUANGAN KELAS BANGUNAN SEKOLAH
Kelas I : 2 Ruang dengan kondisi baik
kelas II : 2 Ruang dengan kondisi baik (bergantian)
Kelas III : 3 Ruang dengan kondisi baik (1 + Ruang Perpustakaan)
Kelas IV : 2 Ruang dengan kondisi baik
kelas V : 3 Ruang dengan kondisi baik
kelas VI : 2 Ruang dengan kondisi baik
DATA BANGUNAN /RUANG LAINNYA
- Mushola dengan kondisi baik
- Rumah penjaga dengan kondisi baik
- Wc dengan kondisi baik
- Perpustakaan dengan kondisi baik
- Gudang dengan kondisi baik
- Ruang guru dengan kondisi baik
- Ruang kepala sekolah dengan kondisi baik
- Ruang uks dengan kondisi baik
- Ruang kesenian dengan kondisi baik
- Ruang lab. Komputer kondisi baik
DATA ALAT BANTU AJAR
NO | NAMA ALAT | JUMLAH | BAIK | RUSAK | KET |
1 | KIT IPA | 10 SET | 10 | ||
2 | OHP | 1 UNIT | 1 | ||
3 | KOMPUTER | 5 SET | 5 | ||
4 | TV/VCD | 1 UNIT | 1 | ||
5 | PETA BERGAMBAR | 15 LBR | 15 | ||
6 | ANATOMI TUBUH/TORSO MANUSIA | 1 SET | 1 | ||
7 | TORSO KAMBING | 1 SET | 1 | ||
8 | ALAT REBANA | 1 SET | 1 | ||
9 | ALAT DEGUNG | 1 SET | 1 | ||
10 | ANGKLUNG | 1 SET | 1 | ||
11 | TEROPONG BINTANG | 3 SET | 3 | ||
12 | NOTEBOOK | 2 UNIT | 2 | ||
13 | TV 29 INCH | 1 UNIT | I | ||
14 | DVD PLAYER | 1 UNIT | 1 | ||
15 | Laptop | 6 Unit | 6 | ||
16 | Media PSB TIK | 1 unit | 1 |
SARANA BANGUNAN
Sumber air bersih : pdam, jet pam
debit air : cukup
Dana ops & perawatan : subsidi bos, sb 3/apbd,bantuan beasiswa, dak, sdsn.
Bukti kepemilikan lahan : ada
GAMBARAN UMUM KONDISI SEKOLAH
- Kondisi Pendidikan Saat ini
SD Negeri Kalijaga Permai merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran Kurikulum 2013 dari mulai Tahun Pelajaran 2013/2014 secara bertahap. Dan di Tahun Pelajaran 2016 / 2017 semua jenjang telah menggunakan Kurikulum 2013. Pemenuhan delapan standar nasional pendidikan telah dikembangkan untuk meningkatkan penjaminan mutu sekolah. Hal tersebut tertuang dalam uraian analisa keadaan sekolah pada saat ini, yang meliputi :
1) Standar Kompetensi Lulusan. Bidang Akademikrata-rata pencapaian KKM semua mapel 64,16, rata-rata pencapaian NUN 8,16. Prestasi bidang akademik pun pernah diraih. Bidang non Akademik pun banyak diraih, diantaranya perolehan prestasi di kejuaraan seperti bidang olahraga Taekwondo, Karate, Tenis Meja dan lain-lain. Jumlah kelulusan mencapai 100%, yang melanjutkan studike SMP/MTs mencapai 100%.
2) Standar Isi yang meliputiBuku KTSP (Dokumen-1) Tersusunnya Kurikulum SD Negeri Kalijaga Permai yang meliputi Silabus, Promes, RPP, untuk kelas II, III, V,VI.Silabus, Promes tersusun 11 mata pelajaran : 91 %. Kurikulum 2013 beserta Silabus, Promes, RPP Untuk kelas I dan IV.
3) Standar Proses yang meliputiPersiapan Pembelajaran : Kepemilikan silabus, RPP, sumber belajar/bahan ajar 91 %, Persaratan Pembelajaran : Jumlah siswa per rombel rata-rata 40 anak, Beban mengajar guru: 24 jam/minggu, Ratio antara jumlah siswa dengan buku tekas mapel 2 : 1, Pelaksanaan Pembelajaran : Cakupan penerapan prinsip pembelajaran yang: eksploratif, elaboratir, dan konfirmatif: 50%, Penerapan CTL: 25%, Penerapan pembelajaran tuntas: 50%, Penerapan PAIKEM/PAKEM: 60%, Penerapan pembelajaran di luar kelas/sekolah: 40%, Variasi pengelolaan kelas: 70%. Pelaksanaan Penilaian : Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar 70%, Variasi model penilaian 60 %, Pengolahan/analisis hasil penilaian 70 %, Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian50%, Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 60%, Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 70%, Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 70%.
4)Standar Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan: Kepala Sekolah : Kualifikasi pendidikan S1 PGSD, telah ikut pelatihan kepemimpinan, telah mengikuti pelatihan manajerial sekolah (MBS), telah mengikuti pelatihan supervisi, monitoring, dan evaluasi sekolah, telah mengikuti pelatihan KTSP. Guru :Kualifikasi pendidikan S1 PGSD50 %, telah mengikuti pelatihan CTL: 20%, Pelatihan pembelajaran tuntas: 75%, Pelatihan penilaian dan evaluasi pembelajaran: 50%, Pelatihan TIK: sedang berjalan untuk semua guru, Pelatihan KTSP: 100%, Pelatihan penelitian pendidikan: 40%, Pelatihan PAIKEM/PAKEM: 70%. Tenaga TU, Laboran, Pustakawan : Belum memiliki tenaga khusus untuk TU, laboran dan pustakawan,
5) Standar Sarana dan Prasarana Sarana dan Prasarana Minimal ;Memiliki Ruang kepala sekolah, Ruang kelas 6 rombel, Ruang perpustakaan, Ruang Lab. IPA, Ruang guru, Gudang,WC, Ruang UKS, Ruang Lab. Komputer,Mushola. Fasilitas Pembelajaran dan Penilaian Daya listrik 2200 W, Komputer : 22 unit, Komputer TU: 2 unit, Komputer perpustakaan: belum ada , Komputer Lab IPA: belum ada, Jaringan internet ada, Sarana olah raga 80%terpenuhi.
6)Standar Pengelolaan Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/kegiatan: Dokumen RPS (RKS dan RKAS): 100%, Dokumen PSB: 100%, Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: 75%, Dokumen tata tertib sekolah: 75%, Dokumen kode etik sekolah: 75%, Dokumen penugasan guru: 100%. Struktur organisasi dan mekanisme kerja: Struktur organisasi: 75% lengkap, Dokumen pembagian tugas/ kewenangan/tupoksi: 80%.
7) Standar Keuangan dan Pembiayaan Sumber dana: 3 buah, Pengalokasian dana : 8 SNP, Penggunaan dana: 85% benar, Pelaporan penggunaan dana: 85%, Dokumen pendukung pelaporan: 85%. 8)Standar Penilaian Pendidikan : Frekuensi ulangan harian oleh guru: 75%, Ulangan tengah semester yang dilakukan oleh guru: 100%, Cakupan materi ulangan akhir semester yang dilakukan sekolah: 100%, Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan guru dalam pembelajaran: 100%, Instrumen yang dikembangkan guru untuk ulangan harian: 80%, Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan akhir semester: 80%, Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan kenikan kelas: 80%, Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh guru: 75% terpenuhi, Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh sekolah: 100% terpenuhi

