Sarana & Prasarana

DATA RUANGAN KELAS BANGUNAN SEKOLAH

Kelas I             : 2 Ruang dengan kondisi baik

kelas II : 2 Ruang dengan kondisi baik (bergantian) 

Kelas III          : 3 Ruang dengan kondisi baik (1 + Ruang Perpustakaan)

Kelas IV          : 2 Ruang dengan kondisi baik

kelas V            : 3 Ruang dengan kondisi baik

kelas VI           : 2 Ruang dengan kondisi baik

DATA BANGUNAN /RUANG LAINNYA

  1. Mushola dengan kondisi baik
  2. Rumah penjaga dengan kondisi baik
  3. Wc dengan kondisi baik
  4. Perpustakaan dengan kondisi baik
  5. Gudang dengan kondisi baik
  6. Ruang guru dengan kondisi baik
  7. Ruang kepala sekolah dengan kondisi baik
  8. Ruang uks dengan kondisi baik
  9. Ruang kesenian dengan kondisi baik
  10. Ruang lab. Komputer kondisi baik

DATA ALAT BANTU AJAR

NONAMA ALATJUMLAHBAIKRUSAKKET
1KIT IPA10 SET10  
2OHP1 UNIT1  
3KOMPUTER5 SET5  
4TV/VCD1 UNIT1  
5PETA BERGAMBAR15 LBR15  
6ANATOMI TUBUH/TORSO MANUSIA1 SET1  
7TORSO KAMBING1 SET1  
8ALAT REBANA1 SET1  
9ALAT DEGUNG1 SET1  
10ANGKLUNG1 SET1  
11TEROPONG BINTANG3 SET3  
12NOTEBOOK2 UNIT2  
13TV 29 INCH1 UNITI  
14DVD PLAYER1 UNIT1  
15Laptop6 Unit6  
16Media PSB TIK1 unit1  

SARANA  BANGUNAN

Sumber air bersih                  : pdam, jet pam

debit air                                 : cukup

Dana ops & perawatan         : subsidi  bos, sb 3/apbd,bantuan                                                      beasiswa, dak, sdsn.

Bukti kepemilikan lahan       : ada

GAMBARAN UMUM KONDISI SEKOLAH

  1. Kondisi Pendidikan Saat ini

SD Negeri Kalijaga Permai merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran Kurikulum 2013 dari mulai Tahun Pelajaran 2013/2014 secara bertahap. Dan di Tahun Pelajaran 2016 / 2017 semua jenjang telah menggunakan Kurikulum 2013. Pemenuhan delapan standar nasional pendidikan telah dikembangkan untuk meningkatkan penjaminan mutu sekolah. Hal tersebut tertuang dalam uraian analisa keadaan sekolah pada saat ini, yang meliputi :

1) Standar Kompetensi Lulusan. Bidang Akademikrata-rata pencapaian KKM semua mapel 64,16, rata-rata pencapaian NUN  8,16. Prestasi bidang akademik pun pernah diraih. Bidang non Akademik pun banyak diraih, diantaranya  perolehan prestasi di kejuaraan seperti bidang olahraga Taekwondo, Karate, Tenis Meja dan lain-lain. Jumlah kelulusan mencapai 100%, yang melanjutkan studike SMP/MTs mencapai 100%.

2) Standar Isi yang meliputiBuku KTSP (Dokumen-1) Tersusunnya Kurikulum SD Negeri Kalijaga Permai yang meliputi Silabus, Promes, RPP, untuk kelas II, III, V,VI.Silabus, Promes tersusun 11 mata pelajaran : 91 %. Kurikulum 2013 beserta Silabus, Promes, RPP Untuk kelas I dan IV.

   3) Standar Proses yang meliputiPersiapan Pembelajaran : Kepemilikan silabus, RPP, sumber belajar/bahan ajar 91 %, Persaratan Pembelajaran : Jumlah siswa per rombel rata-rata 40 anak, Beban mengajar guru: 24 jam/minggu, Ratio antara jumlah siswa dengan buku tekas mapel 2 : 1, Pelaksanaan Pembelajaran : Cakupan penerapan prinsip pembelajaran yang: eksploratif, elaboratir, dan konfirmatif: 50%, Penerapan CTL: 25%, Penerapan pembelajaran tuntas: 50%, Penerapan PAIKEM/PAKEM: 60%, Penerapan pembelajaran di luar kelas/sekolah: 40%, Variasi pengelolaan kelas: 70%. Pelaksanaan Penilaian : Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar 70%, Variasi model penilaian 60 %, Pengolahan/analisis hasil penilaian 70 %, Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian50%, Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 60%, Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 70%, Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 70%.

4)Standar Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan: Kepala Sekolah : Kualifikasi pendidikan S1 PGSD, telah ikut pelatihan kepemimpinan, telah mengikuti pelatihan manajerial sekolah (MBS), telah mengikuti pelatihan supervisi, monitoring, dan evaluasi sekolah, telah  mengikuti pelatihan KTSP. Guru :Kualifikasi pendidikan S1 PGSD50 %, telah  mengikuti pelatihan CTL: 20%, Pelatihan pembelajaran tuntas: 75%, Pelatihan penilaian dan evaluasi pembelajaran: 50%, Pelatihan TIK: sedang berjalan untuk semua guru, Pelatihan KTSP: 100%, Pelatihan penelitian pendidikan: 40%, Pelatihan PAIKEM/PAKEM: 70%. Tenaga TU, Laboran, Pustakawan : Belum memiliki tenaga khusus untuk TU, laboran dan pustakawan,

5) Standar Sarana dan Prasarana Sarana dan Prasarana Minimal ;Memiliki Ruang kepala sekolah, Ruang kelas 6 rombel, Ruang perpustakaan, Ruang Lab. IPA, Ruang guru, Gudang,WC, Ruang UKS, Ruang Lab. Komputer,Mushola. Fasilitas Pembelajaran dan Penilaian Daya listrik 2200 W, Komputer : 22 unit, Komputer TU: 2 unit, Komputer perpustakaan: belum ada , Komputer Lab IPA: belum ada, Jaringan internet ada, Sarana olah raga 80%terpenuhi.

6)Standar Pengelolaan Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/kegiatan: Dokumen RPS (RKS dan RKAS): 100%, Dokumen PSB: 100%, Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: 75%, Dokumen tata tertib sekolah: 75%, Dokumen kode etik sekolah: 75%, Dokumen penugasan guru: 100%. Struktur organisasi dan mekanisme kerja: Struktur organisasi: 75% lengkap, Dokumen pembagian tugas/ kewenangan/tupoksi: 80%.

7) Standar Keuangan dan Pembiayaan Sumber dana: 3 buah, Pengalokasian dana : 8 SNP, Penggunaan dana: 85% benar, Pelaporan penggunaan dana: 85%, Dokumen pendukung pelaporan: 85%. 8)Standar  Penilaian Pendidikan : Frekuensi ulangan harian oleh guru: 75%, Ulangan tengah semester yang dilakukan oleh guru: 100%, Cakupan materi ulangan akhir semester yang dilakukan sekolah: 100%, Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan guru dalam pembelajaran: 100%, Instrumen yang dikembangkan guru untuk ulangan harian: 80%, Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan akhir semester: 80%, Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan kenikan kelas: 80%, Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh guru: 75% terpenuhi, Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh sekolah: 100% terpenuhi

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Comments are closed.