Menuju Kepala Sekolah Ideal (Pengangkatan, Pemindahan/Alih Tugas 80 KS SD Negeri Kota Cirebon)

Hari itu akhirnya tiba. Puncak perjalananku dalam mengikuti proses seleksi calon kepala sekolah SD & SMP di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Cirebon tahun 2020 . Kisah hari itu perlu juga saya kisahkan di sini untuk melengkapi tulisan sebelumnya.

Untuk cerita lengkap proses mengikuti seleksi tes subtansi sudah saya tulis dan dapat dibaca di

http://sdnkalijagapermaikotacirebon.sch.id/tiga-guru-sdn-kalper-ikut-seleksi-cakep-2020/

Sedangkan jenis untuk kegiatan selama diklat telah saya tulis dan dapat dibaca juga di http://sdnkalijagapermaikotacirebon.sch.id/tiga-cakep-kolaborasi-laksanakan-rencana-projek-kepemimpinan-rpk

Pernik kegiatan di akhir diklat berupa gelar karya ada di http://sdnkalijagapermaikotacirebon.sch.id/sintren-di-gelar-karya-diklat-cks-2020/

Serta catatan terimakasih kepada banyak pihak saat saya sampai di tahap menerima STTP di

http://sdnkalijagapermaikotacirebon.sch.id/hanya-untukmu/

Tulisan ini semoga bisa menjadi memoar sederhana tentang sebuah kisah perjalanan karir guru.

Surat Undangan Pelantikan Kepala Sekolah

Rabu malam 10 Pebruari 2021, sekitar pukul 19.00. Sebuah pesan masuk yang mengabarkan bahwa saya harus mengambil sebuah surat undangan pelantikan utk pengangkatan, pemindahan/alih tugas kepala sekolah dasar negeri di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Cirebon Tahun 2021.

Satu pelajaran yang saya dapat, bahwa surat semacam itu memang baru diberitahukan dalam tempo yang sangat dekat dengan waktu pelaksanaannya.

Bersyukur pastilah saya lafalkan karena masuk dalam daftar penerima undangan pelantikan tahap pertama. Rasa sedih tak urung saya rasakan juga menyelinap di hati, tatkala dari 51 rekan-rekan CKS SD yang telah mendapat sertifikat dan NRKS dari hasil diklat selama kurang lebih tiga bulan, tidak otomatis bersama merasakan kebahagiaan pelantikan bersama. Karena pelantikan ternyata di bagi menjadi dua tahap. Tahap pertama pengangkatan 44 CKS dan tahap berikutnya 7 CKS. Hal itu tentunya berkait dengan ketersedian kursi kosong jabatan kepsek di lapangan. Spekulasi kriteria sempat menjadi bahan diskusi pastinya. Namun mengambil hikmah jauh lebih bijaksana tentunya.

Prosesi Pelantikan

Kamis, 11 Pebruari 2021. Bertempat di Hotel Prima Kota Cirebon, saya pun menjadi salah satu bagian dari 80 ASN kepala sekolah SD ( 44 pengangkatan baru dan 36 alih tugas ) mengikuti pengangkatan, pemindahan/alih tugas yang mengharuskanku pkl. 07.00 tiba di lokasi kegiatan seperti terterah pada surat undangan.

Pelantikan yang dilaksanakan di masa pandemi covid-19, mengharuskan penerapan protokol kesehatan. Jalannya prosesi gladi bersih, menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya, pembacaan surat keputusan, pengambilan sumpah jabatan didampingi rohaniwan, serta pidato oleh Bapak Walikota Cirebon Drs. H. Nasrudin Aziz SH, dan pembacaan doa penutup berjalan singkat.

79 Kepala Sekolah SD dilantik oleh Walikota.

Dalam pesannya, Walikota menegaskan kepada para kepala sekolah SD yang dilantik untuk mengedepankan program garapan aspek sikap, katakter dan budi pekerti peserta didik serta semua warga sekolah di satuan pendidikan yang dipimpinnya. Terlebih di masa pandemi saat ini. Belum adanya Pembelajaran Tatap Muka (PTM), mengharuskan para kepala sekolah kreatif membuat rekayasa belajar daring yang bisa menyentuh pembentukan karakter baik peserta didik tetap tercapai Buat apa kepandaian dikuasai siswa kalau mereka tidak mempunyai rasa hormat kepada orang tua dan gurunya, tegas Walikota dalam akhir pidatonya Pak Aziz mengharapkan seluruh kepala SD Negeri yang dilantik untuk benar-benar bekerja mewujudkan Cirebon yang lebih baik, terutama dalam bidang pendidikan.

Ucapan selamat dari Walikota

Setelah pidato sambutannya, walikota beserta jajarannya mengucapkan selamat kepada para KS yang dilantik tanpa bersalam-salaman, dan hanya menyampaikan secara simbolis dari depan peserta pelantikan. Pelantikan pun berlangsung tidak lebih dari satu jam. Sehingga sebelum pkl 09.00 WIB acara pun sudah selesai. Kegiatan pun dilanjutkan peserta pelantikan dengan pengambilan dokumentasi foto oleh masing-masing sebagai kenang-kenangan.

Setelah pengucapan sumpah jabatan, Bismilah hamba niatkan ya Allah. Hamba yakin hanya atas pertolongan dan kasih sayangMu, segala tujuan baik menjadi nyata. Aamiin.

Bismillah

Biar ku lukis hari dengan
Bismillah
Segala hal mungkin karena Billah
Segala cita karena Lillah
Di titian Fillah
Walau satu titik sumbangsih baiknya
Caruban sentosa wujud cinta dalam doa

Sumber, 14 Pebruari 2021

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

One Comment:

  1. Novi Nurul Khotimah

    Selamat atas dilantiknya Bu Dewi sbg Kepala SDN Karya Mulya 2, semoga keberkahan senantiasa menyertai langkah Bu Dewi….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *