Pembelajaran Kelas 1 A

Sekolahi Via  online di SDN Kalijaga permai

      Pandemi mengubah kehidupan sehari-hari tidak terkecuali pendidikan di tingkat TK sampai Perguruan tinggi, sejak pandemi anak – anak belajar lewat sistem jarak jauh. Dimana Mentri Pendidikan memberikan solusi belajar di rumah dengan pembelajaran via Radar Cirebon. Setiap perwakilan guru baik TK,SD,SMA diberikan jadwal masing – masing untuk menjelaskan materi yang berbeda. Dengan adanya solusi pembelajaran via Radar Cirebon, tidak lebih efektif dibandingkan dengan belajar tatap muka langsung, orang tua murid berperan  penuh dalam pembelajaran dan memberikan pendidikan pada anaknya di rumah dengan senang hati, walaupun orang tua murid harus membagi waktu antara bekerja diluar rumah, bekerja di rumah dan dalam membimbing dan membantu anak dalam menyelesaikan tugas yang di berikan guru.

     Awalnya anak – anak senang belajar di rumah ,bisa belajar sambil berbaring , makan, bermain, lama kelamaan kejunahan pun melanda. Anak menjadi bosan dan uring – uringan dengan alasan belajar di rumah tidak ada temannya dan apabila ada kesulitan tidak bisa bertanya langsung dengan guru. Selain itu kebanyakan tugas yang diberikan oleh guru, malah orang tua yang berperan besar untuk mengerjakan dengan alasan membantu dan tidak membebani anak dengan banyak nya tugas. Orang tua berniat baik untuk membantu tugas anak tetapi berdampak buruk buat anak yang menjadi ketergantungan terhadap orang tuanya dan tidak menjadi bertanggung jawab dan tidak mandiri untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dengan batasan waktu tertentu. 

Discussing dengan orang tua merupakan trick yang baik dilakukan dengan tujuan mengetahui perkembangan dan tanggung jawab anak masing-masing. Dengan adanya discussing antara orang tua siswa dan guru bisa saling memberi saran atau masukan yang membuat anak terus menanamkan rasa tanggung jawab, mandiri dengan tugas yang di berikan oleh guru berdasarkan materi.  Dengan adanya tanggung jawab anak yang tumbuh masing – masing di dalam karakter membuat tugas yang di berikan oleh  guru melalui aplikasi pembelajaran salah satunya melalui google classroom, video , membuat anak tetap semangat untuk menyelesaikan tugas yang diberikan , tugas tambahan yang di berikan tetap di laksanakan dengan penuh tanggung jawab, terutama membaca, menulis dan dan berhitung. Dimana anak – anak mengerjakan tugas sehari-hari dengan menggunakan seragam sekolah, seolah – olah menerima materi yang di ajarkan di sekolah, itulah kerinduan anak yang ingin bertemu teman-teman dan guru yang mereka cintai.

Tiga bulan berjalan dengan beragam cerita suka duka dan pengalaman yang di habiskan bersama anak dan orang tua di rumah yang dimana bisa membangun bounding lebih erat antara orang tua dan anak. Tidak bisa di pungkiri kerinduan yang tidak bisa terbendung kan baik oleh guru dan anak – anak untuk bisa belajar di sekolah, berinteraksi dengan teman – teman di kelas, mendengar memperhatikan penjelasan guru di kelas dan bertanya dengan guru atau teman sekelas jika kurang memahami pelajaran. Semoga pandemi ini lekas berakhir dan menjadikan kami semua selalu bersyukur dan terus menjadi orang tua yang hebat untuk mendidik anak anak yang hebat .

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *