Pembelajaran Guru di Era Digital Melalui Media Visual Canva

Penulis : Nining Marliana, S.Pd

https://m.youtube.com/watch?v=Phg6q5LN62E&t=521s

Seorang pendidik memiliki tugas utama dalam hal menyampaikan ilmu, ilmu tersebut dikemas dengan berbagai macam materi, yang kemudian materi tersebut disampaikan oleh seorang pendidik sebagai bentuk Informasi untuk peserta didik. Namun di era digital seperti saat ini seorang pendidik dituntut harus kreatif dan siap memberikan berbagai macam aspek pembelajaran yang mendukung, sehingga prosesnya menjadi pembelajaran yang lebih efektif, kreatif, dan inovatif. Adapaun media pembelajaran yang dapat disiapkan untuk pembelajaran di era digital saat ini harus disesuaikan dengan tren dan perkembangan jaman. Sehingga sangat diperlukan sebuah kreatifitas dari seorang pendidik dalam hal mengembangkan media dan tercipta menjadi pembelajaran yang menarik serta dapat dinilai interaktif.
Saat ini ketika proses pembelajaran hanya bisa dilakukan secara jarak jauh, maka seorang pendidik harus siap bergelut dengan semua proses pembelajaran yang berhubungan dengan keterampilan penggunaan multimedia interaktif seperti video, video animasi, power point, buku digital, games atau kuis digital, dan lain sebagainya.
Bagaimana cara pendidik mengetahui pembelajaran melalui media visual canva?Seorang pendidik harus lebih dulu mengetahui apa itu canva. Canva merupakan sebuah alat atau aplikasi untuk mendesain grafis dalam merancang berbagai macam jenis desain secara online. Canva didirikan oleh Melanie Perkins pada tanggal 1 Januari 2012. Setelah mengetahui apa itu canva seorang pendidik harus bisa menggunakan aplikasi canva. Berikut adalah cara yang dapat dicoba untuk penggunaan aplikasi canva sebagai pengembangan multimedia : _Pertama, memiliki account canva dengan Sign-Up ke https://www.canva.com, kedua registrasi dengan mengisi data untuk membuat akun canva, ketiga menggunakan akun canva sesuai dengan kebutuhan._
Kita telah lebih awal mengetahui apa itu canva dan bagaimana cara menggunakan aplikasi canva, karena setiap penggunaan canva itu dilakukan maka terdapat banyak manfaat aplikasi canva untuk seorang pendidik. Penggunaan canva bagi seorang pendidik bisa menjadi alternatif dalam pembelajaran melalui media virtual. Media canva juga sebagai wadah kreasi para pendidik dalam memaparkan materi pembelajaran. Selain itu manfaat aplikasi canva tak hanya dirasakan oleh pendidik, namun juga membantu memaparkan materi secara lengkap kepada peserta didik. Jika tidak ada video dari aplikasi canva, jelas pemaparan materi akan terhambat, karena pembelajaran jarak jauh seperti saat ini proses belajar peserta didik di rumah hanya didampingi oleh orang tua.
Sangat banyak aplikasi yang bisa digunakan sebagai multimedia, namun mengapa kami memilih canva?Untuk pemula atau yang masih terbatas dalam IT , kita dapat berkreasi membuat video tanpa harus memiliki skill tertentu. Dalam hal ini karena canva memiliki kelebihan sehingga menjadi pertimbangan mengapa kami lebih memilih aplikasi canva. _Pertama, banyak pilihan gambar atau animasi yang telah tersedia dalam canva sehingga tidak harus mendesain ulang dari awal dalam membuat atau merancang gambarnya. Kedua, memudahkan dalam mengedit atau memotong gambar tanpa harus menginstal aplikasi lainnya, dan ketiga dapat menambahkan gambar, tulisan, atau audio suara pendidik atau gambar dari seorang pendidik dalam aplikasi canva._ Namun selain kelebihan adapula kekurangan canva yaitu dalam pembuatan media melalui aplikasi canva memerlukan dana atau kuota, karena proses pembelajaran tersebut dibuat melalui aplikasi canva secara online. Meskipun memerlukan dana dan dibuat secara online, semua akan terbayar dengan respon peserta didik yang semangat menyimak materi karena meskipun proses pembelajaran dilakukan secara jarak jauh, peserta didik tetap bisa melihat gurunya dari video melalui aplikasi canva dan daya serap peserta didik dari video tersebut mencapai 90%.Sebuah angka yang sangat memotivasi kami semua untuk terus mempelajari aplikasi canva dan menggunakan canva sebagai terciptanya proses pembelajaran yang inovatif, efektif, kreatif, dan interaktif.

Senin/ 19/4/2021

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

4 Comments:

  1. Novi Nurul Khotimah

    Alhamdulillah.. Masya Allah… Salut buat Nenh Nining..lanjutkan ya… Semangat.. Barakallah..😘🙏

  2. Azizan Aliansyah

    Barakallah bu nining, semangat 🥰🥰

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *