Pelaksanaan BIAS di SDN Kalijaga Permai

Seberapa pentingkah BIAS atau yang lebih dikenal dengan Bulan Imunisasi Anak Sekolah ini bagi siswa? Haruskah BIAS bulan ini tetap dilaksanakan di sekolah di tengah masa pandemi ini? Akankah ada penolakan dari para orang tua siswa mengingat seharusnya mereka para siswa tetap berada di rumah?

Berbagai pertanyaan berebut di kepala saya tatkala menerima undangan sosialisasi pelaksanaan BIAS di tahun ini. Mengingat saat ini kasus covid 19 bukan semakin berkurang malah semakin meningkat di Kota Cirebon ini khususnya.

Alhasil setelah berkordinasi dengan berbagai pihak yang berkepentingan sekait BIAS ini yakni Dinas Kesehatan melalui UPT Puskesmas dan Dinas Pendidikan, kegiatan BIAS ini harus tetap dilaksanakan dengan mempertimbangkan :

  1. Surat Edaran dari Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan RI, Nomor: SR.02.06/4/9760/2020 tanggal 9 Juli 2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (covid 19), bahwa kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dengan sasaran SD/sederajat kelas 1,2 dan 5 yang rutin dilaksanakan pada Bulan Agustus dan November, pada masa pandemi covid 19 saat ini, harus tetap dilaksanakan sebagai upaya pencegahan terjadinya KLB Penyakit-Penyakit Yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I).
  2. Surat Edaran dari Dinas Kesehatan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Nomor: 443.32/5278-P2P perihal Persiapan Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) tahun 2020.
  3. Surat dari Sekretaris Daerah Pemerintah Daerah Kota Cirebon, Nomor: 443.32/1149-adm.Kesra perihal Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) tahun 2020.

Mengingat BIAS ini merupakan imunisasi lanjutan pada anak sekolah yang bertujuan untuk menurunkan kesakitan, kecacatan dan kematian akibat penyakit-penyakit yang dapat dicegah melalui PD3I, seperti Tubercolosis, Polio, Difteri, Pertusis, Tetanus, Campak, Rubela, Hepatitis B, Kanker Leher Rahim/Kanker Serviks.

Pelaksanaan BIAS ini pun tak terkecuali di masa pandemi covid-19 dengan memperhatikan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta ketentuan lain yang telah ditentukan oleh dinas kesehatan seperti guru-guru wajib mengikuti rapid test, sterilisasi ruangan yang akan digunakan untuk imunisasi dengan penyemprotan disinfektan sehari sebelum pelaksanaan. Di samping itu sebelum pelaksanaan orang tua harus mengisi format skrining kesehatan putra putrinya, dan jika orang tua keberatan harus membuat surat pernyataan.

Dengan demikian pelaksanaan BIAS sangatlah penting bagi anak sekolah tak terkecuali di masa pandemi covid 19 sekarang ini. Begitupun dengan siswa SDN Kalijaga Permai Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. Dengan tujuan pencegahan penyakit-penyakit lainnya sangat berbahaya.

Cirebon, 01 Oktober 2020

Novi Nurul Khotimah

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *