Mengenal Arti Bersih dan Sehat dalam pelajaran 4 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Untuk mengetahui arti bersih dan suci siswa kelas IV SDN Kalijaga Permai mempelajari sub materi Mengenal Arti Bersih dan Sehat dalam pelajaran 4 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Isi materi dalam sub materi yang berjudul Mengenal Arti Bersih dan Sehat, Bersih artinya bebas dari kotoran. Suci artinya bebas dari najis. Najis adalah yang menjadikan terhalangnya seseorang untuk beribadah kepada Allah, seperti terkena jilatan anjing, darah, kotoran/tinja, dan air seni/urin. Najis pasti kotor. Kotor belum tentu najis, misalnya: terkena tanah, tinta, cat, dan ludah. Bersih atau suci dibagi menjadi dua, yaitu bersih dari hadas dan bersih dari najis.

Hadas ada dua, yaitu hadas besar dan hadas kecil. Contoh hadas besar, seperti mimpi basah bagi laki-laki dan haid bagi perempuan. Cara menghilangkan hadas besar adalah dengan mandi atau tayammum jika tidak ada air. Hadas kecil (buang air seni, buang air besar, buang angin) menyebabkan batal wudhu. Menghilangkannya dengan cara dicuci dengan air bersih, kemudian melakukan wudhu.

Jika kita akan Shalat, badan, pakaian, dan tempat harus bersih dari kotoran dan najis. Bersih badan, pakaian, dan tempat tidak hanya ketika melaksanakan Shalat. Akan tetapi, harus diartikan ke seluruh kehidupan. Di luar Shalat pun badan kita harus bersih. Bersih pakaian artinya segala sesuatu yang dipakai, seperti baju, celana, peci/topi, tas, sepatu, sepeda, bangku, meja, lemari, rumah, dan lain-lain. Bersih tempat, seperti ruang tamu, ruang dapur, tempat tidur, tempat makan, tempat belajar, ruang kelas, tempat bemain, halaman, gudang, dapur, WC/kamar mandi, dan lain-lain.

Cara membersihkan najis (darah, air seni dan tinja) harus menggunakan air mutlak, misalnya air sumur, air hujan. Caranya, air yang datang (dikucurkan) ke benda bernajis, bukan najis yang datang ke air.

Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan di ruang kelas lantai 2 SDN Kalijaga Permai ini, diikuti oleh 15 siswa di sesi 1 dan 15 siswa di sesi 2.

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

One Comment:

  1. Novi Nurul Khotimah

    Alhamdulillah…

    Lanjutkan Neng..

    Barakallah..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *