Mengamati Lingkungan Sekolahku

Sudah 3 minggu peserta didik melaksanakan PTMT di sekolah dengan durasi waktu hanya 1,5 jam di sekolah. Tentunya dengan waktu yang amat singkat tersebut, guru harus menyiapkan pembelajaran yang cukup bermakna bagi peserta didik. Dan pada hari ini kelas 5B mencobakan pembelajaran untuk mengamati lingkungan sekolah yang telah disesuaikan dengan pembelajaran tematik.

Apakah sekolahnya berdekatan dengan jalan raya, pasar atau berada di pedesaan. Kemudian merekapun mengamati bagaimana keadaan lingkungan sekolahnya, kondisi tumbuhannya, serta mendeskripsikan beberapa fakta mengenai sekolah.

Berdiskusi apa saja nama-nama tumbuhan yang ada di sekolah.
Mencatat, apa saja nama – nama tumbuhan yang mereka ketahui, serta bagaimana keadaan tumbuhannya apakah tumbuh dengan segar ataukah layu.
Menghitung, ada berapa banyak tumbuhan yang dimiliki sekolah.

Ada beberapa fakta yang diungkapkan oleh peserta didik, yaitu:

  1. Terdapat kolam ikan yang bagus dan menarik
  2. Sekolah memiliki banyak tanaman yang membuat udara menjadi segar
  3. Adanya lapangan yang cukup untuk bisa bermain bola dan berolahraga.
  4. Kondisi tumbuhannya baik dan segar, walaupun ada yang layu namun yang layu tidaklah banyak.
  5. Memiliki ruang perpustakaan yang bagus
  6. Ada lebih dari 100 tanaman yang ada di sekolah
  7. Tanaman yang ada di sekolah yaitu, lidah buaya, kaktus, bunga bougenvile, bunga kertas, pohon belimbing, pohon jeruk, pohon cabai, dan masih banyak lagi.

Begitulah beberapa fakta yang disampaikan oleh beberapa peserta didik terhadap apa yang mereka lihat, apa yang mereka rasakan dan apa yang mereka nikmati.

Dengan kegiatan pembelajaran ini diharapkan peserta didik agar lebih mencintai, menjaga dan selalu perduli terhadap lingkungan yang ada di sekolah.

Dan tantangan bagi mereka selanjutnya yaitu, bagaimana agar mereka bisa menjaga tanaman yang ada di lingkungan sekolah agar tetap segar dan asri, sehingga tidak ada lagi tanaman yang layu seperti yang dikatakan oleh mereka sendiri.

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *