Kegagalan adalah Kunci Kesuksesan

Judul                : Airra & Cerita (Duta Baca Anak Inspiratif Dari Kota Wali)
Penulis             : Airra Adzka Agitsha Suriadiredja
Penerbit           : Yayasan Pelita Parahyangan Goeboek Senja Poestaka
Cetakan           : Pertama, Juni 2021
Tebal               : 170 halaman
ISBN                : 978-6237862-84-0
 
Buku ini adalah ungkapan jujur siswa tentang rasa bahagianya menjalani semua proses belajar. Hak yang sudah seharusnya dinikmati oleh semua anak sehingga bertumbuh kemampuannya. Stimulant yang tepat kebijakan sekolah, pendekatan guru-gurunya, support orang tua, serta difasilitasi kepala sekolah dalam pengembangan bakat minat peserta didik yang beragam. Cerita yang mengalir menjadi cermin inspirasi banyak pihak.


Buku ini terdiri dari kisah inspiratif, cerpen dan beberapa puisi hasil karya penulis. Buku ini dapat menjadi motivasi bagi banyak orang, sikap pantang menyerah tanpa mengenal lelah, jatuh bangun dalam mengejar prestasi hingga raihan prestasi berbagai ajang lomba dapat tergenggam.

Salah satu kisahnya yang berjudul Kegagalan Adalah Kunci Kesuksesan. Berawal dari komunitas ekskul literasi sekolah, berbagai perlombaan yang berkaitan dengan literasi diikuti oleh penulis. Salah satunya adalah Lomba Duta Baca Anak Generasi Pertama Provinsi Jawa Barat pada tahun 2018, dimana pada perlombaan ini penulis dinyatakan tidak lolos setelah mengikuti beberapa tahap seleksi. Namun, pada kesempatan berikutnya pada tahun 2019 penulis mengikuti Lomba Duta Baca Anak Generasi Kedua. Berkat do’a, usaha semaksimal mungkin dan tidak mudah patah semangat, penulis dinobatkan sebagai “Duta Baca Anak Inspiratif Generasi Kedua”. Prestasi berikutnya yang diraih adalah Juara 1 Lomba Vlog Literasi tingkat SD/MI se-Jawa Barat.


Kisah-kisah dan cerpen dalam buku ini disampaikan dengan gaya bahasa yang mudah dipahami. Buku ini penting dibaca agar menjadi motivasi bagi kita untuk berdo’a selalu, berusaha semaksimal mungkin, tidak mudah patah semangat, semakin meyakinkan diri menjadi langkah baik jika ingin berhasil. Jalani proses belajar dengan sabar dan tetap semangat untuk meraihnya. Kerikil-kerikil dan hambatan wajar akan kita rasakan. Namun, tak perlu khawatir semakin kita semangat menjalaninya dengan niat yang besar ternyata semakin mengasah dan melancarkan peningkatan kemampuan (hal 45).
 

~ Farida Sundara, S.Pd, Guru SDN Kalijaga Permai Kota Cirebon ~

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

One Comment:

  1. Novi Nurul Khotimah

    Terima kasih Neng Ida, selamat buat ananda Airra, teruslah mengukir prestasi dimana pun berada..
    Barakallah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *