Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 di Masa Pandemi Covid 19

Ada yang berbeda dalam perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75 pada 17 Agustus tahun 2020 ini. Bahkan sangat berbeda dari peringatan dan perayaan HUT RI dari tahun-tahun sebelumnya yang sudah dirayakannya selama 74 kali tentunya. Peringatan dan perayaan tahun ini dilaksanakan secara sederhana, namun tidak mengurangi kehidmatan dan maknanya. Baik di pemerintahan daerah maupun di pemerintahan pusat. Hal ini tentunya sudah kita ketahui bersama bahwa masa pandemic covid 19 yang belum juga pergi dari negeri tercinta ini bahkan alam semesta ini.

Tidak lagi terlihat semaraknya  perayaan hari ulang tahun republik Indonesia tercinta ini di kantor-kantor pemerintahan mulai dari tingkat RT,RW, Kelurahan, Kecamatan dan Pemerintah Kota, juga kantor-kantor BUMN maupun swasta.  Begitupun di instansi pendidikan tak kalah berbeda. Di SDN Kalijaga Permai khususnya. Tak nampak perayaan upacara memperingati Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dengan peserta upacaranya siswa-siswa dengan mengenakan pakaian seragam anak sekolah lengkap. Berbaris rapi dan tertib penuh kekhidmatan, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu-lagu wajib nasional serta lagu-lagu perjuangan yang membangkitkan semangat di halaman sekolah. Tahun ini tak terdengar peserta didik menyanyikannya. Tahun ini sekolah sepi akan berbagai lomba yang menggali kreativitas siswa secara tatap muka. Semua karena adanya korona.

Ada rasa getir, sedih dan pilu menyelinap dalam batin ini. Semoga dengan tidak adanya perayaan HUT RI ke 75 di sekolah pada masa pandemic covid 19 ini bukan berarti menyiratkan adanya penurunan semangat dari seluruh stakeholder sekolah baik dari peserta didik, pendidik, dan para orang tua yang tergabung dalam rumpun serta komite sekolah. Meskipun masih ada cara yang masih bisa digelar secara virtual sekedar untuk mengenang momen yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia ini. Namun ketika muncul banyak keraguan dan ketidakyakinan maka semua hanyalah tinggal angan-angan semata.

Semoga momen peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75 ini setidaknya menjadikan bahan kita untuk merefleksi diri. Tetap memiliki semangat juang yang tinggi untuk mencapai visi INDONESIA MAJU. Tetap memiliki semangat pantang menyerah untuk selalu melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Tidak menyerah dengan keadaan yang susah. Tidak surut langkah sedikitpun saat berhadapan dengan berbagai kesulitan-kesulitan yang dihadapi. Semata-mata pesta atau perayaan tak ada hanyalah mempertimbangkan kesehatan dan keselamatan bersama. Tentunya tetap mendo’a kepada Yang Maha Kuasa agar senantiasa memberikan kekuatan, kesabaran, dan kemudahan-kemudahan dalam menjalani masa-masa sulit pandemic covid 19 ini.

Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-75, menuju Indonesia Maju.

Cirebon, 17 Agustus 2020

Novi Nurul Khotimah

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *